Tab menu 2

Pages

Jumaat, 21 November 2014

Kenali Jerawat dan Cara Merawat Dari Jerawat Terus Merebak


Apa itu jerawat?

Jerawat (acne vulgaris, acne) adalah gangguan pada kulit yang terjadi ketika minyak dan sel kulit mati menyumbat pori-pori. Jerawat merupakan permasalahan yang paling umum pada kulit, yang dicirikan dengan hadirnya komedo, kulit kemerahan karena iritasi, noda htiam, atau bintik merah membengkak hingga bernanah.

Internsitasnya bisa berbeda-beda pada setiap orang, mulai dari bentuk yang ringan seperti bintik merah atau komedo, sampai pada bentuk yang parah berupa ratusan bintik dan benjolan memerah yang sakit jika disentuh, yang menutupi area kulit tertentu. Jerawat bisa terjadi pada wajah, leher, dada, belakang badan, dan/atau pergelangan tangan bagian atas.

Jerawat umumnya terjadi pada remaja atau saat masa puber. Jerawat menyerang pada kedua jenis gender, baik laki-laki maupun perempuan,walaupun jerawat yang terjadi pada laki-laki biasanya lebih parah dan dapat berlangsung lebih lama. Namun permasalahan kulit ini tidak hanya terjadi pada remaja, karena jerawat juga dapat terjadi pada orang dewasa, dan juga dapat terjadi pada balita dan anak kecil.


Jenis Jerawat.


Jenis-jenis Jerawat


1) Jerawat Papula
Jerawat Papula
Merupakan Jenis Jerawat radang kulit, berbentuk benjolan lembut kemerah-merahan.


2) Jerawat Pustules

Jerawat Pustules
Bintik merah yang meradang dan muncul sebagai bintil merah dengan pusat putih atau kuning ( bernanah)


3) Blackheads
Blackheads
Biasanya terjadi apabila sebahagian pori kulit tersumbat dengan sebum (minyak), bakteria dan sel-sel kulit mati. Warna hitam itu bukan di sebabkan oleh kotoran dan di sebabkan oleh pigmen kulit-melanin, bertindak balas dengan oksigen di udara.



4) Whiteheads

WhiteHeads
Biasanya terbentuk ketika pori tersumbat sepenuhnya dan memerangkap sebum (minyak), bakteria, dan sel-sel kulit mati, menyebabkan paparan putih di permukaan kulit anda.


5) Nodul ( akne kronik )

Nodul (Akne Kronik)
terdiri daripada bentuk benjolan keras di bawah permukaan kulit-lebih besar dan sangat menyakitkan, serta kadang-kadang tidak akan hilang selama berbulan-bulan. Jerawat ini menyumbang kepada parut berlubang dan trauma teruk serta luka pada permukaan kulit.

Jika tidak di rawat dengan betul, Nodul ini akan terbentuk semula walaupun selepas ianya kecut.

Lebih besar ruangan radang lebih mudah ianya terbentuk nanah dan akan meninggalkan parut jerawat jika tiada perawatan dan ubat yang sesuai. Menghilangkan parut jerawat lebih sukar bila perawatan diabaikan. Wajah muka yang penuh dengan parut jerawat sudah tentu menghilangkan seri dan keyakinan diri anda.

Apa penyebab jerawat?

Jerawat tumbuh karena penyumbatan pada pori-pori kulit. Hal ini merupakan hasil dari berbagai macam faktor yang akhirnya menyebabkan berkembangnya jerawat. Seseorang yang memiliki kulit berminyak rentan terhadap jerawat, karena minya berlebih dengan mudah dapat terjebak di pori dan menyebabkan penyumbatan.

Kulit yang berjerawat juga akan menghasilkan lebih banyak sel kulit mati daripada kulit normal. Jika tidak ditangani dengan baik, sel-sel kulit mati akan menempel pada kulit dan terjebak di pori-pori, terkombinasi dengan minyak dan menyebabkan komedo.

Terdapat beberapa faktor yang bisa menyebabkan jerawat, antara lain:

Hormonal – Aktivitas atau perubahan hormonal pada manusia dapat mengakibatkan perkembangan jerawat, seperti masa pubertas dan siklus menstruasi.Genetik – Kecenderungan jerawat dapat terjadi dalam keluarga.Psikologi – Walaupun masih diperdebatkan, para ahli banyak yang meyakini bahwa keadaan psikologi seseorang (depresi dan stres) dapat mempengaruhi pertumbuhan jerawat.Infeksi – Bakteri propionibacteria acnes (P. acne) ditemukan pada banyak kulit berjerawat. Bakteri ini sebenarnya adalah bakteri yang normal terdapat di kulit dan secara umum tidak berbahaya. Namun jika pori-pori kulit membesar dan tersumbat oleh sel kulit mati + minyak, maka bakteri ini akan memicu peradangan pada kulit. Mengurangi keberadaan bakteri merupakan langkah penting dalam mengontrol dan mencegah jerawat.

Bagaimana cara mengobati, menangani dan mengontrol jerawat?

Banyak metode yang digunakan untuk menangani jerawat, tergantung pada jenis dan tingkat parahnya jerawat tersebut. Misalnya saja dengan menggunakan obat-obatan (benzoyl peroxide, antiseptic, antibiotic, salicyl acid, dll) dan juga dengan tindakan atau prosedur medis (pengangkatan komedo, peeling, microdermabrasion, phototherapy, injeksi corticosteroid, dll).

Kunjungi dermatologist atau dokter kulit profesional untuk mendapatkan informasi dan cara yang tepat untuk menangani permasalahan jerawat anda. Atau anda boleh mencuba Cadangan Set Kecantikan Kulit Shaklee.






Tiada ulasan:

Catat Ulasan

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...